Cara Cepat Mengecilkan Pori-Pori dengan Bahan AlamiCara Cepat Mengecilkan Pori-Pori dengan Bahan Alami - Semua wanita rela melakukan apa saja demi kecantikan. Pori-pori di wajah terlihat sangat mengganggu, apalagi ketika mengaplikasikan alas bedak akan tidak sempurna. Karena, wajah yang dipenuhi bulu halus dan berpori besar cenderung sulit untuk ditutupi, dan riasan pun akan mudah luntur.
Sebuah fakta dari Harris Poll yang disponsori oleh L’Oreal, yaitu sebanyak 23 persen wanita mengatakan menyerah terhadap segala jenis produk kecantikan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Ada cara lain yang alami dan aman dilakukan untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Berikut tips untuk kamu :

1. Rajin Membersihkan Wajah


Bersihkan wajah minimal dua kali sehari, pada saat pagi dan malam, atau siang jika kamu sering melakukan aktivitas di luar rumah. Dan pada malam hari, jangan malas untuk membersihkan sisa make-up yang menempel dengan pembersih yang kandungan pH seimbang, agar dapat mengangkat minyak, komedo dan sisa make-up yang menempel pada pori-pori wajah.

2. Pengelupasan Secara Rutin


Gunakan kombinasi antara produk pengelupasan berberntuk scrub dengan produk kimiawi pengelupasan seperto alcohol berkadar rendah bebas serum glycolic. Pastikan kamu konsultasikan dahulu dengan dokter kecantikan, agar sesuai dengan jenis wajah kamu. Menurut Renee Rouleau cara ini dapat menghilangkan kulit kering dan sel kulit mati penyebab pori-pori semakin besar.

3. Aplikasikan Retinol


Kandungan retinol dapat mencegah produksi melanin dan meregenerasi kulit wajah. Penulis buku Skin Rules dari New York, Debra Jaliman merekomendasikan produk perawatan kulit untuk dipakai pada malam hari yang mengandung rerinol yang bermanfaat bisa mengecilkan pori-pori bekas jerawat dan kulit kering.

4. Gunakan Tabir Surya atau Sunblock Wajah


Kamu adalah wanita dengan banyak aktifitas di luar rumah, otomatis kulit kamu terutama wajah akan mudah terbakar akibat sinar UVA dan UVB yang menghasilkan radikal bebas dan bisa merusak lapisan luar dalam kulit wajah. Seblum keluar rumah, gunakan tabir surya atau sunblock khusus wajah atau gunakan topi yang menutupi wajah.
Ahli kecantikan dan kesehatan kulit pemilik Thornhill Skin Care yaitu Shawn Solomon menyarankan para wanita agar menggunakan produk yang mengandung sel tumbuhan yang dapat memperbaiki kontur kulit.

5. Olahraga

perempuan olahraga
Berolahraga memang banyak manfaatnya selain untuk tubuh kita juga untuk kesehatan wajah, lho. Ahli masalah kulit dari California bernama Michael Lin menyarankan melakukan olahraga secara rutin selama 1 jam, sehingga kulit mampu meregenerasi secara alami. Siapkan handuk bersih yang telah diberi pembersih wajah yang mengandung asam salisilat untuk mengelap keringat di wajah anda.

6. Lakukan Uap Wajah


Ahli kecantikan dan pemilik Cecilia Wong asal Hongkong menyarankan ritual uap wajah menggunakan herbal secara rutin. Kombinasikan minyak zaitun, scrub dan ekstrak lemon, estrak bunga mawar, daun mint serta susu ke dalam air hangat berisi handuk. Diamkan 10 hingga 15 menit pada wajah, lalu usapkan dan bilas hingga bersih dengan air dingin.

7. Masker Alami

Masker Alami
Selain cara di atas, kamu bisa menggunakan masker wajah alami yang dapat kamu buat sendiri di rumah. Jika tidak sibuk, lakukan dua hari sekali tapi, jika sibuk kamu bisa makeran wajah satu minggu sekali saat sedang santai.

Bahan-bahan yang dapat mengecilkan pori-pori di wajah :


1. Mentimun + Apel


Untuk mengecilkan pori-pori menggunakan buah atau sayur yang bersifat astrigen. Salah satunya, mentimun. Hasilnya akan lebih sempurna bila ditambah apel yang merupakan antioksidan alami dan mengandung bahan yang mampu menyerap minyak berlebih pada wajah.
Caranya : ambil satu mentimun dan apel berukuran sedang. Haluskan menggunakan food processor atau diparut hingga halus, jangan ditambah air. Aplikasikan pada wajah secara merata, biarkan sekitar 10 menit kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. Lanjutkan dengan mengoleskan pelembab sesuai jenis kulit.

2. Tomat

Jus tomat merupakan penangkal pori-pori besar yang sangat manjur, karena kaya akan vitamin C dan potassium.
Caranya : ambil dua buah tomat organic yang sudah matang, kemudian blender hingga halus. Aplikasikan pada wajah secara merata, setelah itu bilas dengan air dingin. Kamu juga bisa mencampurkan fuller earth atau curd (dadih) hingga menjadi masker yang sempurna.

3. Putih Telur


Kemampuan putih telur sebagai zat perekat sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut dapat dimanfaatkan selain mengencangkan wajah, juga dapat mengecilkan pori-porin di wajah.
Caranya : pisahkan putih telur dari kuningnya, tambahkan setengah sendok teh madu, aduk-aduk hingga menjadi pasta. Oleskan masker tersebut pada wajag secara merata. Diamkan hingga mongering dan rasakan tarikan dari putih telur. Terakhir, bilas dengan air dingin hingga bersih.

4. Jeruk Nipis


Jeruk nipus kaya akan antioksidan dan kandungan vitamin C, sangat baik untuk membersihkan kulit dari pori-pori bekas jerawat.
Caranya : ambil jeruk nipis lalu potong tipis-tipis, kemudian tempelkan pada wajah hingga rata. Sebelumnya, pastikan cuci mukan dan wajah telah bersih dari make-up. Diamkan selama 10 menit, kemudian basuh dengan air hangat.

5. Gula + Madu + Minyak Zaitun


Nutrisi yang terkandung dalam madu sudah tidak diragukan lagi bisa membuat kulit menjadi halus dan kenyal. Apalagi bila digabung dengan gula pasir dan minyak zaitun, maduberguna untuk mengecilkan pori-pori dan menghaluskan kulit.
Caranya : campur masing-masing satu sendok teh madu, gula pasir dan minyak zaitun. Aduk hungga membentuk pasta. Sebelum dioleskan, pastikan wajah dalam keadaan basah. Kemudian, oleskan secara merata menggunakan tangan disertai pijatan ringan dengan gerakan berputar. Diamkan selama 10 menit. Terakhir, cuci wajag menggunakan air dingin hingga bersih.

6. Pepaya

masker pepaya
Tidak banyak yang tahu jika buah berwarna merah ini selain untuk mengatasi BAB, papaya juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah.
Caranya : parut seperempat papaya yang tidak terlalu matang hingga halus. Oleskan pada wajah secara menyeluruh, diamkan 10 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat.

7. Oatmeal + Lemon


Oatmeal memiliki tekstur kasar, sehingga baik digunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sementara lemon kaya antioksidan yang bagus untuk kulit.
Caranya : ambil satu sendok makan oatmeal, tuang ke dalam wadah. Tambahkan perasan lemon secukupnya. Aduk-aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada seluruh wajah hingga merata, diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas dengan air dingin sampai bersih.

8. Baking Soda


Baking soda tidak hanya membantu menghilangkan sel kulit mati tapi juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori di wajah.
Caranya : setelah wajah dibersihkan dari make-up, tuang satu sendok the baking soda ke dalam gayung yang berisi air. Gunakan air tersebut untuk membilas wajah. Setelah dibilas, jangan langsung dikeringkan dengan tissue atau handuk, diamkan selama dua menit agar meresap kedalam kulit.
Lakukan tips-tips di atas secara rutin, agar pori-pori di wajah kamu dapat mengecil atau hilang. Maka, wajah kamu akan bersih dan menggunakan bedak akan sempurna. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!